Pengumuman /Elektro Unilak
1  Selasa,06 Agustus 2019
Perkuliahan Ganjil 2019/2020
2  Rabu,09 Agustus 2017
Proposal TA
  STATISTIK /Elektro Unilak
  • Dikunjungi oleh : 59818 user
  • IP address : 18.204.227.250
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Jurusan Teknik Elektro Unilak Universitas Lancang Kuning
Sejarah Singkat

Teknik Elektro adalah prodi ketiga yang ada di Fakultas Teknik Unilak. Mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 1983. Pada awal berdiri Prodi Teknik Elektro memulai aktivitas di gedung serba guna Mesjid Agung An - nur Pekanbaru. Setelah mendapat fasilitas gedung baru dari pemerintah Provinsi Riau sebagai Pemilik Yayasan Raja Ali Haji yang menaungi Universitas Lancang Kuning, Fakultas Teknik Ikut pindah bersama fakultas lain ke kampus baru di Rumbai pada tahun 1986.

Sejak berdiri hingga saat ini prodi Teknik Elektro terus memperlihatkan kualitas yang semakin baik. Dari jumlah mahasiswa setiap tahun terus bertambah, fasilitas ruang kuliah hingga tahun 2004 terus tumbuh dan hingga tahun 2015 belum mengalami pertumbuhan karena fasilitas yang ada masih dapat menampung jumlah mahasiswa hingga 500 orang. Praktikum yang pada awal berdiri Jurusan Teknik Elektro harus melakukannya di perguruan tinggi lain, semenjak tahun 2005 praktikum dapat dilakukan di laboratorium sendiri.

Jumlah dosen tetap juga terus bertambah. Pada awal berdiri tenaga dosen berasal dari Instansi pemerintah seperti PU, PLN, Perindustrian, dan PT CPI yang sekarang berganti nama menjadi PT. Chevron. Hingga tahun 2014 jumlah dosen tetap Jurusan Elektro dengan pendidikan Pascasarjana S2 berjumlah 11 orang yang berasal dari alumni berbagai perguruan tinggi, seperti ITS, USU, ITN. Pada tahun 2015 Jurusan Teknik Elektro mendapat penambahan dosen baru yang berasal dari alumni S2 Jerman, UI dan Unand. Sehingga total dosen pada tahun 2015 berjumlah 14 orang.

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning terus berbenah diri dengan melakukan berbagai upaya seperti revisi visi prodi sebagai semangat perubahan, peningkatan kualitas mutu dengan membuat Unit Penjaminan Mutu pada tingkat prodi dengan satu tujuan menjadi prodi unggul tahun 2025.